Foto Daun Tempuyung Di Medan Tahun 2005 Oleh SetiawanAP

Image
Foto daun tempuyung ini diambil di rumah orang tua saya di kota Medan pada tanggal 09 Februari 2005 jam 11:50 am. Foto asli yang saya miliki mempunyai metadata yang lengkap dan hanya mempunyai resolusi sebesar 1600 x 900 pixel yang diambil dengan menggunakan kamera Canon Digital Ixus 30a. Identitas lain adalah tanaman ini tumbuh diantara batu-batu kecil dan adanya sebuah rumput liar panjang di sebelah kanan bawah. Link Foto Asli dengan metadata asli: Seluruh video yang memuat foto tersebut di playlist channel SetiawanAP: http://bit.ly/2H5Zvli Google Blogspot (setiawanap.com): http://bit.ly/2UivZwm Instagram: http://bit.ly/2TaNSkn Facebook: http://bit.ly/2EwwcoU Google Photos: http://bit.ly/2EJ6E9s iNaturalist: http://bit.ly/2SDkApm Flickr: http://bit.ly/2TfjkxR Seri Foto Yang Diambil di Lokasi Yang Sama: http://bit.ly/2Th4Ldf Ini adalah produk yang beredar di pasaran yang menggunakan foto tempuyung diatas (tanda panah kuning), tanpa izin . Follow link berikut

Pernah Viral! Pisang Seribu Sisir Atau Musa Chiliocarpa Atau The One Thousand Fingers Banana



Pisang Seribu Sisir. Namanya yang unik ini diberikan masyarakat Indonesia karena bentuk penampang buahnya yang berbeda dengan kebanyakan varietas pisang lainnya. Jumlah sisir yang begitu banyak dalam 1 tandan itulah yang menyebabkan nama Seribu Sisir itu beredar.


Memiliki nama latin Musa Chiliocarpa dan The One Thousand Fingers Banana dalam bahasa Inggris, sebenarnya memiliki bentuk pohon yang ngga terlalu jauh berbeda dengan kebanyakan pohon pisang lainnya, seperti yang tampak pada video ini. Namun dalam beberapa kasus di Indonesia, pisang ini menjadi viral karena bentuknya yang ngga biasa. Dalam video ini, saya mengajak temen-temen untuk mengenal pisang ini yang sebenarnya ngga ada keanehan dari pisang itu, karena memang jenisnya begitu.

Pohon pisang Seribu Sisir ini bisa tumbuh antara 2,5 - 3,5 meter dan bisa menghasilkan banyak sisir pisang dalam 1 tandan dengan ukuran tiap pisang kurang lebih 10-15cm.

Cara penanaman pohon pisang seribu ini sama seperti pohon pisang biasa, ditanamkan kedalam tanah kira-kira dapat menutupi bagian-bagian akar dengan tanah lebih dalam karena nantinya akan menopang buah pisang yang bertandan sangat panjang sehingga tetap mampu berdiri dan diberi pupuk agar bisa tumbuh subur dan berbuah sempurna, meskipun sebenarnya pohon pisang ini tanpa diberi pupuk akan tetap tumbuh karena kandungan tanah di wilayah negara indonesia yang sudah secara alami mengandung unsur tanah subur.



Tanaman pisang ini juga dapat ditanam dan tumbuh dengan baik pada berbagai macam topografi tanah, baik tanah datar atau pun tanah miring. Akan tetapi karena pohon pisang seribu ini nantinya akan menghasilkan buah yang tandanya panjang kebawah sampai sekitar 3 meter maka akan lebih cocok ditanam pada tanah yang datar sehingga akan meringankan beban batang pohon pisang dalam menopang buahnya.

Produktivitas pisang yang optimal akan dihasilkan apabila ditanam pada tanah datar pada ketinggian 500 m di atas permukaan laut (dpl) dan keasaman tanah pada pH 4,5-7,5. Suhu harian berkisar antara 25-28 derajat Celsius dengan curah hujan 2000-3000 mm/tahun.

Pisang seribu ini juga merupakan tanaman yang berbuah hanya sekali seperti pada pisang yang lainnya, kemudian mati. Perkembangbiakannya menggunakan tunas yang tumbuh dari pohon induknya.

Nah temen-temen, berikut ini adalah informasi kegunaan pohon pisang secara garis besar, kenapa garis besar, karena sebenarnya sifat pohon pisang seribu sisir ini pada umumnya sama persis dengan pohon pisang lainnya, kecuali pohon pisang kipas.
  1. Daun Pisang Dari daun pisang yang hijau tua, kegunaannya untuk membungkus makanan, dan jika daun pisang muda berguna juga untuk membungkus kue, membungkus ikan pepes dan lain-lain.
  2. Jantung Pisang Pada umumnya sebagian dari kita menyukai sayuran dari jantung pisang yang diolah gulai bersama daun singkong.
  3. Batang Pohon Pisang Batang pohon pisang atau sering disebut gedebog pisang bisa digunakan sebagai media tanam jamur.
  4. Buah pisang Sudah jelas bagian inilah yang paling penting, yang biasa dikonsumsi langsung atau dalam bentuk olahan lain seperti kolak, keripik pisang dan pisang goreng.


Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP - Channel Youtube)

Comments

Popular posts from this blog

Daun Pepaya Jepang - Khasiat, Manfaat Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Tanaman Hias Bunga Soka Di Taman Balai Kemambang Mainan Masa Kecil

Cara Mengupas Kelapa Kopyor Dengan Pisau