Foto Daun Tempuyung Di Medan Tahun 2005 Oleh SetiawanAP

Image
Foto daun tempuyung ini diambil di rumah orang tua saya di kota Medan pada tanggal 09 Februari 2005 jam 11:50 am. Foto asli yang saya miliki mempunyai metadata yang lengkap dan hanya mempunyai resolusi sebesar 1600 x 900 pixel yang diambil dengan menggunakan kamera Canon Digital Ixus 30a. Identitas lain adalah tanaman ini tumbuh diantara batu-batu kecil dan adanya sebuah rumput liar panjang di sebelah kanan bawah. Link Foto Asli dengan metadata asli: Seluruh video yang memuat foto tersebut di playlist channel SetiawanAP: http://bit.ly/2H5Zvli Google Blogspot (setiawanap.com): http://bit.ly/2UivZwm Instagram: http://bit.ly/2TaNSkn Facebook: http://bit.ly/2EwwcoU Google Photos: http://bit.ly/2EJ6E9s iNaturalist: http://bit.ly/2SDkApm Flickr: http://bit.ly/2TfjkxR Seri Foto Yang Diambil di Lokasi Yang Sama: http://bit.ly/2Th4Ldf Ini adalah produk yang beredar di pasaran yang menggunakan foto tempuyung diatas (tanda panah kuning), tanpa izin . Follow link berikut

Tanaman Hias Andong Merah Atau Hanjuang Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia



Saya sekarang ada di salah satu objek lokawisata di jawa tengah tepatnya di lokawisata baturaden. Dan dalam video ini saya akan membahas tanaman hias hanjuang atau andong, temen-temen.

Andong punya nama latin Cordyline Fruticosa, sering dipake jadi tanaman pelindung dan pembatas blok sawah, ladang, perkebunan teh atau kina di Indonesia. Hanjuang atau Andong populer sebagai tanaman hias karena warnanya yang emang menarik, merah begitu.


Tanaman ini memiliki bentuk tegak, jarang bercabang, dengan kisaran tinggi 2-4 meter. Daunnya yang berbentuk lanset lebar memiliki variasi warna merah tua, merah kecoklatan atau hijau. Tanaman ini mempunyai bunga yang berbentuk malai dengan ukuran panjang sekitar 30 cm, berwarna hijau keunguan atau kuning muda. Adapun bentuk buah hanjuang menyerupai bola dan berwarna merah. Daun hanjuang dapat dipakai sebagai pembungkus makanan dan menurut hasil penelitian memiliki kemampuan antibakterial.

Pembudidayaan tanaman hanjuang dapat dilakukan dengan cukup mudah yaitu menggunakan cara stek batang atau stumb. Cara stek digunakan dengan memakai batang tanaman yang keras sepanjang 5-10 cm. Adapun cara stumb dilakukan dengan membuang daun yang ada terlebih dahulu dan memasukkan sepertiga tanaman kedalam tanah. Tanaman ini mudah untuk dipelihara. Cukup dengan penyiraman atau dengan menjaga kelembaban tanah, kalapun mau bisa dilakukan pemupukan terutama pupuk dasar.



Mengutip dari buku karya Ir W.P. Winarto pada tahun 2007, sebagian dari tanaman andong ini bisa digunakan sebagai pengobatan atau kesehatan tubuh manusia, antara lain adalah:
  • Mengobati TBC Paru Dengan Batuk Berdarah
    Daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.
  • Ancaman Keguguran Kandungan, Menstruasi Yang Banyak, Air Kemih Berdarah dan Wasir Berdarah
    Daun kering 15-30 gram, atau bunga kering 9-15 gram, atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.
  • Mengobati Nyeri Lambung dan Mengobati Nyeri Ulu Hati
    Daun 15-30 gram, atau bunga 9-15 gram, atau akar kering 6-10 gram direbus dan diminum.
  • Mengobati Radang Gusi
    Kulit dikikis, diberi garam sedikit dan dioleskan pada tempat yang sakit.
Kontra Indikasi: Wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi tanaman obat ini



Follow link berikut ini:
Youtube: SetiawanAP
Flickr: SetiawanAP
Instagram: SetiawanAP
Facebook: SetiawanAP
(Setiawan AP - Channel Youtube)

Comments


  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar di kolom ini. Jangan lupa subscribe channel Setiawan AP di https://goo.gl/jsfdkJ, terima kasih.

Popular posts from this blog

Daun Pepaya Jepang - Khasiat, Manfaat Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Cara Mengupas Kelapa Kopyor Dengan Pisau

Tanaman Hias Bunga Soka Di Taman Balai Kemambang Mainan Masa Kecil